[TRANS NEWS] Alasan Mengapa Kim Junsu Harus Menjadi Orang yang Menorehkan Kembali Sejarah K-pop

[berikut ini di-translate langsung ke dalam bahasa Inggris dari artikel Nate via Sports Chosun, lalu ke dalam Bahasa Indonesia dari hellokpop]

Di New York, k-pop menorehkan kembali sejarahnya.

Pada 30 Agustus, anggota JYJ, Kim Junsu, memulai tur dunia pertamanya di Hammerstein Ballroom, New York. Sampai saat ini, idol groups, girl groups, dan ‘keluarga’ agensi telah melakukannya, namun Kim Junsu adalah artis solo pertama yang memulai tur dunianya, seorang diri.

Lebih jauh, penampilannya di New York memberikan arti special bagi dunia K-pop. Ini merupakan gebarakan baru tidak hanya bagi Kim Junsu, namun juga bagi K-pop, yang pernah terhambat karena keterbatasan aliran music dan artis.

  • Alasan mengapa – meskipun dia pernah mengumpulkan 100,000 fans sebelumnya – Junsu hanya tampil di hadapan 2,000 fans.

Tidak diperlukan banyak kata. Kim Junsu adalah artis yang mewakili K-pop. Grup tempatnya bergabung, JYJ, menggemparkantidak hanya media Jepang, namun juga penguasa-penguasa music Korea karena grup ini mengumpulkan sekitar 100,000 fans dalam waktu dua hari pada konser yang dihelat di Tokyo Dome pada juni 2010.

Jika kalian mempertimbangkan ketenarannya, panggung kecil mungkin terasa asing dan aneh baginya karena tur tersebut dimulai di stadium yang hanya mampu menampung 3,000 orang.

Meskipun begitu, ini hanya sebagian kecil dari rencana jangka panjang untuk Junsu melesat menjadi bintang berkelas dunia. Perwakilan agensinya, Baek Chang Ju, berkata, “Untuk tampil di banyak kota di seluruh dunia, dan tidak mengakhirinya dengan penampilan yang ‘one-and-done’ (hanya menjadi topic sesaat) karena terlalu terpaku pada jumlah penonton, dia tampil di tempat kecil. Juga, meskipun mendapat jaminan dari promotor local, perusahaan berinvestasi secara langsung untuk mengadakan tur ini.”

Reaksi dari 2,000 fans yang mendapatkan tiket sangat luar biasa. Sangat mudah untuk menemukan fans wanita usia 20an yang tidak hanya berasal dari Asia, tapi juga dari Amerika, Kanada, dan Spanyol.

  • Alasan mengapa Kim Junsu adalah tokoh utama untuk menorehkan kembali sejarah K-pop.

Video klip Tarantallegra, lagu utama dalam album solo pertamanya, menandakan dimulainya konser. Para penonton memanaskan suasana dengan bergerak bersama lagu. Lalu, Kim Junsu memenuhi harapan fans dengan menari dan menyanyikan Dance dan No Gain.

Sementara itu, meskipun banyak solois pria menggelar konser di Negara-negara lain, alasan mengapa Kim Junsu yang merupakan yang pertama yang menggelar tur dunia adalah sesuatu yang special. Hal ini terlebih karena dia memiliki karisma yang sulit ditemukan pada diri artis-artis lain. Sebagai seorang aktor musical, dia menguasai kemampuan berakting dan bernyanyi.

Dengan menunjukkan kemampuan bernyanyinya melaui lagu-lagu ballad seperti You Are So Beautiful, 알면서도 (Even though you know),dan돌고돌아도 (Turning Round And Round), sebagai seorang vokalis, dia menunjukkan kemampuan menari yang luar biasa melalui Tarantallegra dan Fever. Dan juga, dia menampilkan lagu-lagu yang dibawakannya dalam musikalnya: 마지막 (Last Dance) dari Elizabeth and 나는나는음악 (I’m I’m Music) dari Mozart.

Konser berdurasi 120 menit tersebut sarat akan nyanyian, tarian, dan acting, namun antusiasme menmbuat 120 menit itu terasa sangat singkat.

Dengan rencana menjadi bintang dunia,pada hari itu, dia memperkenalkan single berbahasa Inggrisnya. Album tersebut berisi versi Inggris Tarantallegra, dan sebuah lagu beraliran urban pop R&B, Uncommitted, yang direkam dan video klipnya dikerjakan bersama dengan kru terbaik di Los Angeles. Hari ini, 30 Agustus, dengan menampilkan Uncommitted, dia tidak hanya memuaskan fan yang berbahasa Inggris, tapi dia juga meningkatkan perhatian mereka ke level yang lebih lanjut.

Amy (35), yang datang ke konser berkata,  “Saya menyukai fakta yang mengatakan bahwa Kim Junsu memiliki kemampuan mengekspresikan perasaannya saat bernyanyi yang mana tidak dimiliki penyanyi lain.”

Marige (21) juga berkata, “saya melihat wajahnya di depan panggung. Dia terlihat sangat mennikmatinya.”

  • Makna  air matanya  setiap kali tampil di New York.

Telepas dari permulaan baru, dia akan menggelar konser-konser berikutnya pada 2 September di LA, 6 September di Meksiko, 8 September di Brazil, dan di 2 negara Eropa pada bulan November.

Meskipun dia dianggap sebagai artis solo yang sukses, ironisnya, Kim Junsu tidak mampu mengelak kenyataan pahit ini. kenyataan bahwa JYJ yang tidak dapat mempromosikan (lagu-lagu mereka)  di TV membuat mereka tampil melalui drama – seperti anggota lainnya, Park Yoochun dan Kim Jaejoong – satu-satunya yang memungkinnya tampil di TV. Namun karena dia lebih percaya diri untuk bernyanyi dan menari, daripada berakting, dia memiliki dilemma.

Pada masa itu, Junsu meilih pilihan ketiga dengan melakukan rekaman album solo dan merilis album solo pertamanya, Tarantallegra, dengan menggunakan nama Xia pada bulan Mei.

Kim Junsu menangis tiga kali di panggung New York. Ini menunjukkan betapa sulit dan beratnya lama waktu yang harus ia pertimbangkan untuk kembali sebagai seorang penyanyi solo.

Dia dapat memenuhi harapan bahkan dalam kedaan terburuk karena masa untuk mempublikasikan music hanya melalui penyiaran telah lewat. Junsu mengungkapkan opininya, “Menurut saya, keadaan tidak lagi terlalu buruk, karena perkembangan teknologi internet membuat seluruh dunia lebih mudah untuk mengaksesnya. Itulah mengapa saya memutuskan untuk mempertaruhkan segalanya pada video klip. Menurut saya biaya pembuatan video ini tiga kali lebih dari yang digunakan musisi lain.”

Diharapkan bahwa tur dunia ini, dengan awal yang konstan, akan mengarahkan pada era “Bintang Dunia Kim Junsu” seiring dia merilis lebih banyak lagu.

Credit: Nate | Hellokpop

Advertisements

6 thoughts on “[TRANS NEWS] Alasan Mengapa Kim Junsu Harus Menjadi Orang yang Menorehkan Kembali Sejarah K-pop

  1. so proud of him. proud of dbsk.

    baca ini entah kenapa jadi pengen nangis.. saking bangganya dan berharap semoga selalu diberikan yang terbaik bukan hanya untuk Xia Junsu, tapi juga Hero Jaejoong, Uknow Yunho, Micky Yoochun, dan Max Changmin.

    mereka selalu jadi yang terbaik, biarpun JYJ ga bisa promosiin lagunya di TV, tapi liat prestasi mereka.. biarpun Kpop udah ga diminatin di jepang, tapi Homin adem ayem aja.

    always keep the faith.

    bukan hanya menunggu mereka comeback as five, tapi terus dukung mereka, ga lebih ga kurang, ga berpihak pada sisi mana pun, untuk kerja keras mereka sekarang dan nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s